Newest Post

// Posted by :Eunha GFR // On :Rabu, 22 April 2015

MOTHERBOARD

Motherboard
 adalah papan elektronik utama yang mempunyai beberapa slot individual yang bisa di slot-kan atau dipasangkan mulai dari prosesor, memori, sound card, display adapter, dan sebagainya. Terdapat slot khusus yang digunakan untuk pemasangan prosesor yang dinamakan dengan socket dan slot

          Motherboard mempunyai beberapa jenis socket yang berbeda-beda sesuai dengan perkembangan jenis prosesor.
Fungsi Motherboard Sebagai tempat untuk memasang atau meletakkan berbagai komponen, misalnya prosesor, VGA card, sound card, memori, dan lain-lain.
Sebagai media transfer data dari komponen yang bekerja di dalam komputer. Misalnya prosesor untuk memberi perintah kepada komponen lain seperti memori atau harddisk dengan menggunakan jalur pada motherboard yang disebut bus clock.          Istilah pada motherboard: Slot dan soket prosesor : Tempat meletakkan dan memasang prosesor di motherboard dengan dilengkapi kait pengunci agar prosesor yang terpasang tidak bergerak. Bentuk soket ini disesuaikan dengan tipe prosesor yang akan digunakan. Chipset motherboard Kombinasi cip pada motherboard yang berfungsi menjembatani aliran data dan mengatur serta mengontrol beberapa komponen utama dan tambahan pada motherboard. CMOS/BIOS : Adalah cip yang berisi software BIOS. Dibuat oleh pabrik pembuat motherboard. Berfungsi membaca dan mendata komponen hardware yang terpasang pada motherboard. Dari software BIOS ini kita dapat mengaktifkan dan menonaktifkan beberapa komponen yang ada di dalam motherboard, misalnya kita ingin menonaktifkan fungsi VGA onboard karena kita ingin menggunakan VGA card pada slot AGP. CMOS BIOS yang sering digunakan pada motherboard sekarang adalah AMI BIOS, AWARD BIOS, dan Phoenix BIOS.

Dalam sebuah motherboard terdapat struktur sebagai berikut;
  • Socket CPU , yaitu tempat untuk memasang sebuah Processor.
  • Slot AGP, tempat untuk memasang VGA card / display card yang berfungsi untuk menghubungkan ke monitor.
  • Slot PCI, menambahkan berbagai periferal, seperti, Sound Card, Modem, Ethernet Card, DLL.
  • Slot RAM, berbagai variasi slot RAM, mulai dari SDRAM, RAMBUS, DDR SDRAM, DDR2-SDRAM, DDR3,SDRAM.
  • Slot IDE, yang berfungsi menghubungakn HardDisk kedalam motherboard, oleh kabel RIBBON.
  • Slot Floppy, untuk menghubungkan ke Flopy Disk Drive / Disket.
  • ATX Conektor, suplay daya dari Power Suplay


            Pada pengembangan awal dari motherboard adalah perusahaan Micronics, Mylex, AMI, Huppauge dan masih banyak lagi. Selain itu, masih ada beberapa produsen motherboard lain dari Taiwan, antara lain tahun 1980 sampai 2990, penggabungan beberapa fungsi periferal ke dalam motherboard mendorong pencitraan motherboard kedalam bentuk yang makin ekonomi.
             Integrasi pertama yang dilakukan adalah dengan menggabungkan slot keyboard, mouse serta port serial dan port paralel ke dalam motherboard. Jika Anda perhatikan, hingga saat ini standar bentuk dari motherboard pun masih berubah-ubah. Standar wala yang pertama kali digunakan adalah PC/XT, dan dipakai IBM, setelah itu muncul lagi AT (Advance Technology). Setelah itu muncul standar batu yang saat ini masih digunakan, yaitu ATX (Advance Technology Extension). Standar ATX lalu dimodifikasi menjadi Mini ATX dan Micro AT.


    Saat ini, Intel telah mengeluarkan standar BTX (Balanced technology Extension). Sayangnya, pada saat ini pasar belum tertarik untuk menggunakannya. Produsen komputer VIA juga mengeluarkan standar yang dipakainya sendiri, yaitu mini ITX. Perubahan dalam desan dan teknologi motherboard terus berkembang.
       Arigato XD

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © Share Info dan Karya : By Shinigami Ario //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //